25 Nov 2015

Apa Kata Jokowi Di Hari Guru Nasional ke-25

Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Guru merupakan salah satu komponen yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk mencapai tujuan nasional mencerdaskan bangsa. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.
Sejarah mencatat, perjuangan guru dalam melahirkan kader bangsa banyak mengalami tantangan. Tekanan politik bahkan tekanan fisik melahirkan inspirasi bagi lahirnya sebuah organisasi guru yang independen. Dan tepatnya pada tanggal 25 November 1945, seratus hari setelah Indonesia merdeka, di Surakarta, Jawa Tengah, puluhan organisasi guru berkongres, bersepakat, berhimpun dan membentuk satu-satunya wadah organisasi guru, dengan nama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Organisasi guru lahir sebagai organisasi yang bersifat unitaristik, independen, dan nonpolitik praktis, adalah organisasi profesi, perjuangan, dan ketenagakerjaan, yang selalu berupaya mewujudkan guru yang profesional, sejahtera, dan bermartabat, dalam rangka meningkatkan mutu perndidikan di Indonesia, yang kemudian secara kontinue pada setiap tanggal 25 November dijadikan Hari Guru Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.
Mengambil tema "Memantapkan Soliditas dan Solidaritas PGRI sebagai Organisasi Profesi Guru yang Kuat dan Bermartabat" puncak peringatan Hari Guru Nasional ke-70 yang diadakan di Istana Negara pada 25 November 2015, merupakan ajang kematangan bagi para pejuang dunia pendidikan untuk senantiasa mampu melahirkan berbagai inovasi pendidikan nasional dan melahirkan anak didik yang mampu berperan aktif dalam membangun cita-cita bangsa. 
Guru itu bukan hanya sebuah pekerjaan, tetapi guru adalah menyiapkan sebuah masa depan. Ini yang harus digarisbawahi. Sekali lagi, menyiapkan sebuah masa depan. Dan saya meyakini bahwa karya guru-guru akan melukis wajah masa depan Republik Indonesia. Kualitas manusia Indonesia di masa depan ditentukan oleh guru-guru kita hari ini, demikian sebagian amanat yang disampaikan Ir. Jokowi, Presiden RI ke-7 dalam sambutannya pada Peringatan Hari Guru Nasional.
Lebih jauh Jokowi menyampaikan, bahwa Guru adalah agen perubahan karakter bangsa. Perubahan karakter bangsa bisa dimulai di kelas-kelas, di mulai di sekolah-sekolah. Sekolah bukan hanya tempat menuntut ilmu pengetahuan, melainkan arena pembelajaran bagi anak-anak kita dalam membentuk karakter mereka.
Guru, pada saat ini harus mampu melihat kondisi sosial yang ada. Tantangan dalam membentuk karakter anak didik bersaing dengan kondisi sosial yang jauh lebih banyak dapat mempengaruhi karakter anak didik. Jokowi mengingatkan, bahwa peran media elektronik, media sosial dan media online lainnya sangat mempengaruhi karakter-karakter anak-anak kita. Hati-hati, tandasnya.
Pembangunan karakter bangsa sangat penting bagi kita dalam menjawab tantangan dalam kompetisi abad ke-21. Bangsa kita akan bisa menjadi bangsa pemenang jika memiliki karakter sebagai bangsa pemenang, bukan bangsa pecundang.

Persaingan sekarang bukan antar kota, bukan antar kabupaten, bukan antar propinsi, tetapi sudah antar negara. Tidak bisa kita hindari. Sudah sebentar lagi, nanti 1 Januari sudah dibuka yang namanya Asean Economy Community. Masyarakat Ekonomi Asean. Sudah tidak bisa kita tolak lagi. Mobilisasi barang, mobilisasi orang antara negara sudah akan begitu sangat cepatnya. Persaingan, kompetisi antar individu, antar bangsa juga sangat cepat sekali. 
Kalau Guru hanya ahli dan terampil dalam mentransfer materi pembelajaran, maka suatu saat peranan guru akan diganti dengan media teknologi informasi, Sahertian - 1992

Download Pedoman Hari Guru Nasional ke-25, DISINI

Share this

0 Comment to "Apa Kata Jokowi Di Hari Guru Nasional ke-25"

Posting Komentar